Jurusan atau Program Studi Perguruan Tinggi

Term (istilah) Program studi atau sering juga dinamakan Jurusan, hal tersebut berdasar pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012. Program studi menurut aturan tersebut dapat didefinisikan (diartikan) sebagai kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi dan/atau pendidikan vokasi, yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pendidikan tinggi atau perguruan tinggi.

Program Studi diselenggarakan atas izin menteri (untuk saat ini, menteri pendidikan dan kebudayaan) setelah memenuhi persyaratan minimum akreditasi, dan dikelola oleh suatu satuan unit pengelola yang ditetapkan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan.

Program studi yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia dapat meliputi jenjang pendidikan dengan tingkatan berdasarkan acuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Berikut akan kami berikan contoh yang berlaku di Universitas Indonesia (UI) meliputi berbagai jenjang pendidikan.

Pendidikan Vokasi/Kejuruan:

Secara umum program Pendidikan Vokasi bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi dan/ atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi, pendidikan vokasi memiliki jenjang pendidikan yang meliputi Diploma 1 (KKNI Level 3), Diploma 2 (KKNI Level 4), Diploma 3 (KKNI Level 5), Diploma 4/Sarjana Terapan (KKNI Level 6), Magister Terapan (KKNI Level 8), dan Doktor Terapan (KKNI Level 9). Pendidikan Vokasi UI kedepannya diproyeksikan dapat membuka program studi dari jenjang Diploma 3 sampai dengan Doktor Terapan. Namun, saat ini Vokasi UI hanya membuka program pendidikan untuk jenjang Diploma III.

Pendidikan Akademik:

Jenjang Sarjana (S1) (KKNI Level 6)

Program sarjana adalah program pendidikan lanjutan yang diarahkan pada lulusan yang memiliki kualifikasi menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang ilmu tertentu; mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang ilmunya; mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni. Dalam penjenjangan KKNI, pendidikan sarjana berada pada level 6. Program Sarjana Universitas Indonesia memiliki beberapa jenis kelas, yakni: Reguler, Paralel, Kelas Internasional dan Ekstensi (bagi lulusan D3).

Jenjang Magister (S2) (KKNI Level 8)

Pendidikan Magister adalah program pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana. Dalam perjenjangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, pendidikan profesi berada pada level 8 (Ahli). Adapun program pendidikan magister yang dapat dipilih dapat berasal dari program pendidikan sarjana yang linier yang sebidang atau beberapa program pendidikan magister tertentu menerima lulusan sarjana dari berbagai jurusan.

Jenjang Doktor (S3) (KKNI Level 9)

Program Doktor (S3) adalah program pendidikan strata 3 (S3) yang ditujukan untuk memperoleh gelar akademik doktor (Dr) sebagai gelar akademik tertinggi. Dalam KKNI, program doktor berada di jenjang tertinggi yaitu level 9.

Pendidikan Profesional:

Jenjang Profesi (KKNI Level 7)

Pendidikan Profesi adalah program pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Dalam perjenjangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, pendidikan profesi berada pada level 7. Adapun program profesi yang dapat dipilih wajib linier dengan program pendidikan sarjananya.

Jenjang Spesialis 1 (KKNI Level 8)

Spesialis adalah jenjang pendidikan tinggi sebagai lanjutan dari pendidikan profesi yang bertujuan untuk penguasaan keprofesian yang mantap dalam bidang tertentu yang dilandasi kemampuan akademik yang komperhensif. Pendidikan Spesialis dibagi menjadi dua tingkatan yaitu spesialis dan superspesialis. Dalam KKNI, program pendidikan spesialis 1 setara dengan pendidikan magister yaitu berada di KKNI Level 8.

Jenjang Spesialis 2 (KKNI Level 9)

Program pendidikan spesialis 2 adalah program pendidikan lanjutan bagi lulusan spesialis 1. Jenjang pendidikan spesialis 2 adalah pendidikan spesialis tertinggi dalam pendidikan profesi. Dalam KKNI, pendidikan spesialis 2 setara dengan jenjang Pendidikan Doktor S3 yang berada di KKNI Level 9.

Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ui.c.id
- ujiantulis.com
- unsd.org
- banpt.id
- pendidikandokter.com
- kedokteran.net
- lamptkes.com
- banpt.blogspot.com

Posting Komentar

0 Komentar